Halo tuan-tuan. Kamu cantik hari ini. Apakah ini merupakan kemunduran yang tajam yang saya lihat? Ya, Jumat adalah dalam empat hari. Jika Anda ingin mengukir berlian lain di dinding kabin Anda, apakah jas pria modern Anda ingin tahu dari mana pakaian wol dan flanel Anda berasal?Simbol pendirian Amerika ini telah datang kepada kita berkat penindas kolonial kita! Bahkan, kisah proses dimulai dengan perkembangan pakaian pengadilan di Inggris. Sampai pertengahan abad ke-17, sebagian besar hukum orang melarang pemakaian warna-warna tertentu, seperti ungu, bulu halus dan ornamen dekoratif seperti beludru dan satin. Ini dicadangkan untuk punggawa dari pangkat yang berbeda dan kadang-kadang keluarga kerajaan.

 

Lengan mengacak-acak di pengadilan Charles II, undang-undang tentang langkah-langkah penghematan. Hieronymus Janssens, 1660 Setelah wabah yang tidak menyenangkan pada tahun 1665, tiba-tiba istana yang rumit dan berduri muncul sebagai kewajiban politik bagi Charles II, yang memerintahkan jas pria modern bangsawannya berpakaian untuk sementara waktu dengan jubah dan celana panjang sederhana. Warna (navys, grayscale, tahi lalat yang menciptakan sensasi). Pakaian yang sadar dan netral ini, yang membuat representasi individualitas sulit, adalah semacam setelan prototipe. (Dan sangat profesional!)

 

Dari kelas atas hingga abad ke-18, pakaian yang dibuat khusus berkembang menjadi jas pagi – cikal bakal tuksedo awal abad ke-19, yang pada saat itu dianggap lebih kasual tetapi sekarang digunakan di Inggris. Para tamu memiliki pernikahan kerajaan dan acara formal lainnya. Pernikahan Kerajaan tidak meninggalkan memo jas pria modern  untuk pagi yang diterima.Kemudian datang Tux itu sendiri: ketika dikembangkan oleh penjahit di abad ke-19, itu hanya menggunakan kelas atas untuk pihak yang kurang formal. Tidak ada yang lebih rumit dari rumah pada Selasa malam dengan seorang kekasih yang meminta dasi putih pada awal abad ke-20.

 

Sementara itu! – Kostum modern kita memiliki garis yang rumit. Penjahit Savile Row telah berabad-abad merancang seragam militer seperti seragam kavaleri. Penjahit juga membuat pakaian untuk warga sipil, termasuk para profesional seperti ahli bedah, yang menuntut pergelangan tangan yang dapat dilepas untuk mencegah noda darah.Tentu saja, seperti yang jas pria modern  kita semua tahu, cara terbaik untuk membuat orang membeli lebih banyak pakaian adalah dengan membuatnya sedikit berbeda setiap tahun, meskipun mereka memiliki fungsi utama, tidak peduli apa yang Anda lakukan terhadap mereka. Jadi Schneider memperkenalkan elemen-elemen untuk pakaian militer ke dalam pakaian sipil, mengenakan pakaian malam menjadi pakaian sehari – dan sebaliknya – dan seterusnya.

 

Dan di sini kisah perburuan menjadi membingungkan. Kita tidak tahu persis siapa yang memiliki ide tentang setelan ruang tamu pertama (yang sebenarnya berarti setelan modern kita) atau untuk apa dia mendesainnya. Namun, yang pertama muncul di pertengahan abad ke-19 dan dengan cepat menjadi pakaian kasual untuk kaum elit dan pokok bagi kelas pekerja.Terlepas dari hubungan mereka dengan era Victoria, pakaian dalam yang diredam itu mati karena kematian yang lambat dan konyol di kelas atas Inggris dan di Perpustakaan Kongres AS. Dalam foto ini, Sekutu masih melihat  jas pria modern akhir Perang Dunia Pertama – dengan pengecualian Perdana Menteri Italia Vittorio Orlando, yang terlihat cerdas dan gila dalam pakaian formal.Bagaimanapun, kita orang Amerika mengerti cara berpakaian. Gaun baru ini sangat mudah dipakai! Dia muncul di mana-mana, dari supir taksi hingga pebisnis, dan sopan dan profesional. Hollywood mendongak dan berlari dengan itu.

 

Dan bahkan jika Anda tidak dapat percaya bahwa Amerika akhirnya menghubungkan proses tersebut dengan pemberontakan. Dalam kerusuhan Zoot Suit 1943, pemuda kulit hitam dan Los Angeles Latin bertengkar dengan tentara Perang Dunia II yang putih. Kerusuhan itu dinamai demikian karena “jas Zoot” tua itu memakai bahu lebar, empuk dan mantel double-breasted, serta celana longgar yang menyempit di pergelangan kaki. Kostum Zoot telah dikaitkan dengan budaya jazz hitam sejak tahun 1930-an, dan kerusuhan telah membuatnya merasa kriminal. Melihat pemuda Zoot yang cakap di sudut membuat kaum borjuis urban ketakutan.Itu benar: mereka adalah bagian dari tradisi anarkis yang bangga! Tambahkan ketinggian ekstra ke kursi kantor! Dan ingat: orang-orang dari generasi sebelumnya jas pria modern  – dengan cawat dan goni mereka dan St.