Koki penjahit Sam Manu Melwani menunjukkan foto almarhum David Bowie yang mengunjungi toko. Foto: Manu Melwani, bos Penjahit Jonathan WongSam, menunjukkan foto almarhum David Bowie yang mengunjungi toko. Foto: Jonathan Wong. Toko penjahit paling penjahit jas terkenal di Hong Kong telah buka kurang dari setengah jam, dan pelanggan sudah berdiri berdampingan. Lima puluh tahun yang lalu, 500 toko seperti ini di Tsim Sha Tsui dan pelanggan dari seluruh dunia, termasuk para pemimpin politik, selebritas Hollywood dan bintang pop, telah berkomitmen pada pintu mereka.

Pada 10 Agustus 1966, South China Morning Post mengumumkan bahwa Savile Row of London, sampai saat itu tempat lahir menjahit individu yang tak perlu, telah digantikan oleh Hong Kong. Artikel itu menyarankan bahwa kota itu sekarang “ibukota dunia pakaian para pria berpakaian bagus” – tetapi banyak hal berubah selama lima dekade berikutnya. Di zaman mode sekali pakai, di mana merek internasional mendominasi pasar maskulin, beberapa remaja memasuki pasar, dan banyak yang khawatir bahwa masa depan tradisi menjahit yang dibuat penjahit jas khusus Hong Kong masih jauh. .

“Tidak semua orang puas dengan makanan cepat saji,” kata Manu Melwani. Melwani, yang dilatih di Savile Row, mengambil alih bisnis keluarga ayahnya Sam, yang ia dirikan pada Oktober 1957 untuk melayani tentara Inggris yang ditempatkan di dekat situ. Dinding toko dihiasi dengan potret berbingkai yang menunjukkan karya terbaik Sam, termasuk tiga presiden Amerika berturut-turut (George HW Bush, Bill Clinton, dan George W. Bush), Pangeran Charles dari Inggris, dan David Bowie, ikon musik. penjahit jas Hanya berkata, “Lihat, Sam, buatkan aku setelan untuk ukuran tubuhku, sudah,” kenang Melwani, sambil memandang ke toko. Dia menjelaskan bahwa banyak kliennya masih mencarinya di luar negeri dan sekitar 15% kliennya berasal dari Cina daratan.

“Saya selalu datang ke sini karena setelannya lebih baik dan bahannya bagus,” kata Karl Heinz Koeger, yang bepergian dari Jerman bersama tiga putranya yang masih remaja untuk membeli kreasi yang dibuat khusus untuk Sam. Dia akan menghabiskan lebih dari 60.000 HKD pagi ini. “Banyak klien saya adalah CEO atau mitra – mereka menginginkan yang cocok dan bukan merek desainer,” kata Melwani, yang melihat pakaian murah dan tubuh penjahit jas cekung pelanggan lain sambil meminta pelanggan Amerika yang memilih kain di sisi lain apakah kamu suka cappuccino kamu?

“Bahu kananmu terlalu rendah,” katanya, membimbing lelaki yang baru saja berpakaian dengan lembut di siku ke cermin panjang untuk menjadi tanda kesusahan. “Apakah kamu melakukan banyak olahraga ketika masih muda, apakah kamu melukai lutut atau pergelangan kaki kiri?” “Ya … kurasa begitu,” kata penjaga toko dengan sedikit simpati. “Saya seorang penjahit, bukan seorang dokter,” kata Melwani, dan semua penjahit akan memberi tahu Anda bahwa keahlian mereka dalam perawatan kesehatan tidak dapat dipelajari dalam semalam. Saya telah menjadi penjahit profesional selama 45 tahun, dan saya masih belajar, “kata Pong-kuen Penjahit Bonnie Yuen, yang terletak di penjahit jas koridor roller-blind Pasar Pusat, dan akan segera diperbaharui. Yuen juga meremehkan Melwani untuk merek-merek fashion.

Yuen, yang dipimpin oleh dua bersaudara, mungkin merupakan perumpamaan yang lebih khas dari negara menjahit di Hong Kong. Bonnie dan saudara lelakinya, Johnny Yuen Pong-fei, adalah trainee di bengkel jahit Hotel Mandarin pada 1970-an dan menjadi kontraktor militer Benteng Stanley hingga 1994 untuk memproduksi seragam. dan kostum untuk trim, bahkan ahli dalam produksi kilt. Mereka menjalankan bengkel kecil di dekat pasar sentral dan semuanya dilakukan di Hong Kong dan secara pribadi dijaga oleh pasangan itu. “Ini bukan tempat untuk pakaian murah, tapi untuk pakaian bagus,” kata Bonnie Yuen dengan bangga. Kreasi mereka menjual rata-rata sekitar $ 1.000 dan bertahan sekitar sebulan. Penjahit Yuen memiliki klien yang penjahit jas solid dan setia dari para bankir dan pengacara yang berspesialisasi di pusat, tetapi dengan bisnis sewa kecil yang bekerja dengan perusahaan. Kontrak satu bulan memiliki jangka waktu 22 tahun untuk alat tenun rehabilitasi. Dan masa depan bisnis saudara tidak pasti karena alasan lain.