Dalam pakaian, jas pria modern adalah satu set pakaian yang terbuat dari kain yang sama dan biasanya terdiri dari setidaknya satu jaket dan celana. Kostum ballroom (juga dikenal sebagai kostum kota, jika mabuk dalam warna dan gaya), yang berasal dari Inggris pada waktu itu [1], adalah pakaian Barat yang paling umum digunakan. Kostum lain yang masih dipakai hari ini adalah jas malam, bagian dari dasi hitam, yang merupakan alternatif santai dengan mengenakan mantel dengan cara yang sama dengan jas hari itu menggantikan mantel dan jaket di pagi hari; dan jarang dipakai hari ini, baju pagi. Artikel ini menjelaskan artikel dalam kode pakaian informal (termasuk pakaian jalanan).

 

Variasi dalam desain, potongan dan kain, seperti dua atau tiga potong atau payudara tunggal atau ganda, menentukan kebugaran sosial dan fungsional pakaian. Seperti biasa, orang sering memakai jas dengan kerah dan dasi. [2] Sampai tahun 1960-an, seperti halnya jas pria modern semua pakaian pria, sebuah topi dikenakan ketika si pemakai berada di luar. Kostum-kostum itu juga memiliki jumlah bagian yang berbeda: setelan dua potong memiliki jaket dan celana; salah satu dari tiga potong menambahkan rompi (disebut rompi di Amerika Utara); Bagian lain mungkin termasuk penutup rata dari bahan yang sama.

 

Seperti dalam kebanyakan pakaian, seorang penjahit membuat kostum kain yang dipilih untuk pelanggannya; Ini saat ini dikenal sebagai pakaian yang disesuaikan. Kostum telah disesuaikan untuk mengukur, merasakan, dan gaya pria. Sejak Revolusi Industri, sebagian besar garmen telah diproduksi secara massal dan oleh karena itu dijual sebagai pakaian yang dibuat berdasarkan pesanan (meskipun perubahannya biasa sebelum digunakan oleh penjahit). Saat ini, kostum dijual dalam empat cara berbeda:dibuat khusus jas pria modern, di mana bagian dibuat khusus oleh penjahit, dari pola yang seluruhnya dibuat dari pengukuran pelanggan, sehingga mencapai yang paling cocok dan pilihan kain;model khusus, di mana model pra-dibuat disesuaikan dan pilihan pilihan dan kain yang tersedia terbatas;siap pakai atau siap pakai, siap dijual atau final seperti apa adanya;

 

Pisahkan setelan yang menjual jaket dan celana secara terpisah sehingga pelanggan dapat memilih ukuran yang sesuai untuk mereka dan membatasi jumlah perubahan yang diperlukan. [3]Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, dan Presiden Israel Reuven Rivlin dalam Combination by Gender, 2016

 

Kata kostum berasal dari rangkaian bahasa Prancis, yang berarti “mengikuti”, berasal dari kata kerja Latin sequor = “I am”, karena pakaian itu terbuat dari (jas pria modern, celana panjang dan rompi) saling mengikuti dan memiliki kain yang sama dan Warna dan dipakai bersama.

 

Karena kombinasi (dalam pengertian ini) mencakup sebagian besar atau sebagian besar tubuh pemakai, istilah “kombinasi” telah diperluas ke satu pakaian tunggal yang menutupi sebagian besar tubuh, seperti pakaian selam, pakaian selam dan selongsong pakaian kosong (lihat Suit (definisi).)).

 

Gaya saat ini didirikan pada Revolusi Industri akhir abad ke-18, yang secara radikal mengubah pakaian upacara bersulam kaya yang dihiasi dengan perhiasan menjadi pakaian sederhana dari Pemerintahan Inggris, secara bertahap berubah menjadi formalitas gamblang Kekaisaran Inggris pada era Victoria. Dalam mencari kenyamanan lebih jas pria modern, relaksasi aturan pada akhir abad ke-19 mencari ornamen modern.

 

Brooks Brothers secara luas dianggap sebagai yang pertama menawarkan kostum “siap pakai”, kostum yang dijual dan dibuat yang dapat dipersonalisasi. Itu adalah Haggar Clothing, yang untuk pertama kalinya memperkenalkan konsep gugatan terpisah di Amerika Serikat, konsep jaket dan celana yang dijual terpisah, yang banyak digunakan di pasaran saat ini.

 

Seorang pria dalam setelan jas tiga potong dan topi.

Siluet sebuah jas adalah konturnya. Terbuat dari sisipan kanvas, timbangan menyediakan siluet yang seimbang sehingga Anda tidak perlu mengancingkan lapisan dan pakaian tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Dari leher ke dada dan bahu pakaian jas pria modern yang sesuai dibentuk untuk memungkinkan kerutan tanpa kerutan. Fashion adalah bagian penting dari menjahit, yang seringkali membutuhkan kerja manual sejak awal. Dua bagian utama adalah: 1) kostum kancing dua terbuka yang dirancang secara konservatif, yang diperluas dengan tumpang tindih besar kiri dan kanan; dan 2) cukup dilipat sesuai bagian sampingnya